Home Kesehatan Wajib Tahu, Berikut Penyebab Nyeri Punggung Bawah Yang Sering Dialami Wanita

Wajib Tahu, Berikut Penyebab Nyeri Punggung Bawah Yang Sering Dialami Wanita

by admin
Wajib-Tahu-Berikut-Penyebab-Nyeri-Punggung-Bawah-Yang-Sering-Dialami-Wanita

Nyeri punggung adalah penyakit umum yang sering dialami semua orang. Biasanya penyebab sakit nyeri punggung bawah dapat bergantung pada usia, jenis kelamin, dan kebiasaan mempertahankan posisi yang buruk.

Namun, sebuah fakta membuktikan bahwa wanita lebih banyak terserang nyeri punggung bawah dibanding laki-laki. Hal ini disebabkan adanya hal-hal spesifik tertentu. Berikut beberapa penyebab sakit punggung yang paling sering dialami wanita.

Berbagai Penyebab Nyeri Punggung Pada Wanita

1. Disfungsi Sendi Sacroiliac

Sakit punggung salah satunya disebabkan karena adanya disfungsi pada penghubung antara bagian bawah punggung dan tulang panggul atau biasa disebut sendi sacroiliac. Pada wanita, biasanya sendi ini berbentuk lebih kecil dan tidak merata dan cenderung rata daripada pria.

Hal inilah yang membuat wanita memiliki resiko terkena nyeri punggung pada bagian ini lebih besar daripada laki-laki. Terlebih, sendi sacroiliac akan terasa nyeri hebat ketika mendapatkan tekanan.

Disfungsi yang terjadi pada bagian tubuh penghubung ini, menjadi penyebab nyeri punggung bawah yang dirasakan oleh wanita.

Cirinya adalah perasaan nyeri pada pinggang bawah, rasa pegal yang terasa di atas bokong langsung dan rasa tajam seperti menusuk langsung di area sekitar paha. Nyeri karena kesalahan fungsi salah satu sendi seperti ini, dapat terasa ketika wanita berada pada posisi duduk, berbaring miring ke salah satu sisi, dan saat menaiki tangga.

2. Pengapuran Sendi

Pengapuran sendi dengan istilah spinal osteoarthritis juga menjadi salah satu penyebab nyeri pada punggung yang biasa dirasakan oleh wanita. Resiko meningkatnya penyakit ini karena dipengaruhi oleh pertambahan usia dan juga berat badan yang meningkat pasca melahirkan.

Pengapuran sendi pada tulang spinal ini, juga menyebabkan tidak adanya bantalan diantara tulang rawan dan ruas tulang belakang. Sehingga ketika bergesekan, akan menimbulkan rasa sakit.

Osteoarthritis yang terjadi pada tulang punggung ini menjadi salah satu penyebab nyeri punggung bawah dan atas yang menimbulkan rasa ngilu hebat. Perasaan ngilu juga akan menjalar hingga ke pangkal paha dan bokong yang bisa membuat punggung terasa kaku dan sakit setiap pagi hari. Rasa sakit yang ditimbulkan akan lebih kuat, ketika berada pada posisi duduk dimana ada tekanan dari tulang spinal untuk menopang tubuh bagian atas anda.

3. Degenerasi Cakram Tulang belakang

Terakhir, sakit punggung yang sering dialami oleh wanita disebabkan karena adanya degenerasi pada cakram tulang di bagian tulang belakang. Pada kondisi ini, biasanya banyak terjadi atau dirasakan oleh wanita lanjut usia yang hampir atau sudah mengalami menopause.

Di masa menopause, wanita memproduksi hormon estrogen lebih sedikit dari keadaan sebelumnya. Hal ini dapat menyebabkan ligamen pada tulang belakang melonggar dan ruas tulang tidak stabil.

Kondisi seperti ini merupakan salah satu penyebab nyeri punggung bawah pada wanita yang dapat menjalar hingga kaki. Jika sudah begini, anda akan mulai merasakan sakit saat digunakan untuk berjalan karena adanya tekanan dari saraf bagian tulang belakang yang tertekan.

Untuk meredakan rasa sakitnya, beberapa orang percaya untuk mencondongkan bagian tubuhnya kedepan, kemudian mencoba untuk membungkukkan tubuh ke bagian depan selama beberapa kali.

Semua orang dapat merasakan dan mengalami sakit punggung yang tiba-tiba menyerang. Namun, tidak semua mengetahui jenis-jenis sakit punggung yang derita, apa penyebabnya yang menyebabkan menggunakan cara penanganan yang salah.

Pada wanita, nyeri punggung lebih sering terjadi daripada pria. Hal ini disebabkan oleh faktor hormon dan berbagai kondisi lainnya yang  menyebabkan rasa punggung lebih banyak dirasakan oleh sebagian besar wanita.

You may also like

Leave a Comment

Situs web ini menggunakan cookie untuk memastikan Anda mendapatkan pengalaman terbaik di situs web kami :  Accept Read More

Privacy & Cookies Policy