Home Properti Peduli Lingkungan, Berikut Tips Desain Rumah Hemat Energi

Peduli Lingkungan, Berikut Tips Desain Rumah Hemat Energi

by admin
Peduli-Lingkungan-Berikut-Tips-Desain-Rumah-Hemat-Energi

Rumah ramah lingkungan merupakan salah satu cara agar anda tidak boros dalam pemakaian energi di dalamnya.  Ketika anda membangun sebuah rumah, pastikan anda memperhitungkan kebutuhan energi yang akan digunakan. Saat ini telah banyak arsitek profesional yang menerapakan desain rumah hemat energi. Berikut adalah ide mendesain rumah ramah lingkungan yang harus anda ketahui.

Tips Desain Rumah Ramah Lingkungan Terbaru

1. Perhatikan Lokasi dan Lahan

Ketika anda menentukan tanah untuk rumah, pastikan anda memperhatikan bentuk lahan tersebut sehingga bisa mendapatkan bagaimana gambaran rumah nantinya. Anda juga perlu mempertimbangkan bagaimana akses untuk menuju rumah. Seperti jarak antara rumah anda kelak dengan tempat umum yang akan sering anda kunjungi seperti supermarket, pasar dan sebagainya. Jika jaraknya terlalu jauh, maka anda perlu mempertimbangkannya kembali.

2. Amati Orientasi Bangunan

Setelah anda memilih lokasi untuk rumah, pastikan untuk memiliki orientasi bangunan rumah anda. Dalam membangun sebuah rumah, iklim yang ada pada lokasi tersebut juga dapat mempengaruhi bentuk bagunan rumah anda. Seperti lokasi yang memiliki iklim panas memerlukan bukaan jendela yang luas di sisi utara. Lalu pada bagian selatan didesain jendela yang lebih kecil untuk menghindari masuknya sinar matahari langsung ke dalam rumah anda.

3. Perhatikan Material yang Digunakan

Material yang anda gunakan untuk desain rumah hemat energi  menjadi pertimbangan yang perlu anda prioritaskan. Material yang berbahan dasar alami seperti batu bata, bambu, kayu dan semen akan cocok untuk desain rumah satu ini. Menggunakan material alami akan membuat rumah anda menjadi lebih sejuk dan asri karena bahan dasar yang digunakan berasal dari alam.

Saat membangun rumah usahakan anda menggunakan material dinding yang mudah menyerap panas seperti batu bata dan semen. Berbeda dengan material lantai,  anda bisa menggunakan material lantai dengan mempertimbangkan fungsi ruangan tersebut. Sehingga material yang digunakan dapat menyesuaikan dengan kondisi rumah. Perbanyaklah ruangan terbuka pada rumah anda pasalnya ruangan terbukan akan memperkecil biaya kontruksi dan juga hemat energi.

Ide desain rumah diatas dapat anda jadikan referensi saat anda akan membangun atau merenovasi sebuah rumah yang lebih ramah lingkungan. Dengan memiliki rumah ramah lingkungan akan meminimalisir pengeluaran anda untuk membayar biaya rumah. Mulailah memberikan dampak baik pada lingkungan, agar kelak bumi yang sehat dapat dinikmati anak cucu nantinya.

You may also like

Leave a Comment

Situs web ini menggunakan cookie untuk memastikan Anda mendapatkan pengalaman terbaik di situs web kami :  Accept Read More

Privacy & Cookies Policy