Manfaat Minyak Ikan untuk Ibu Hamil dan Janin

Manfaat-Minyak-Ikan-untuk-Ibu-Hamil-dan-Janin
Foto dari Canva

Minyak ikan merupakan asupan gizi yang baik dikonsumsi anak-anak hingga orang dewasa sesuai takaran yang pas. Para ahli menganjurkan konsumsi minyak ikan 1-2 porsi ikan per minggu untuk menjaga kesehatan tubuh. Hal serupa juga dianjurkan untuk ibu hamil sebab deretan manfaat minyak ikan untuk ibu hamil sangat banyak. Anda yang tengah hamil wajib konsumsi minyak ikan setidaknya 133 miligram-3 gram dari ikan salmon atau membeli suplemen minyak ikan dalam bentuk kapsul atau cair.

7 Manfaat Konsumsi Minyak Ikan untuk Ibu Hamil

Ibu hamil wajib mengkonsumsi minyak ikan yang berasal dari ikan salmon yang dimasak atau membeli suplemen minyak ikan dari jenis lemak ikan paus, ikan tuna, makarel, dan lain-lain. Namun, ada baiknya menghindari jenis minyak ikan cod yang mengandung vitamin A terlalu banyak bagi ibu hamil dengan retinol tinggi. Deretan manfaat minyak ikan untuk ibu hamil dari segi kesehatan sangat beragam antara lain :

1. Mendukung kesehatan jantung

Ibu hamil yang rajin memenuhi asupan minyak ikan per minggu bisa memiliki kesehatan jantung yang lebih baik. Anda bisa meningkatkan kadar kolesterol baik dalam tubuh sehingga Anda bebas dari risiko terkena penyakit kolesterol jahat, penyakit jantung dan stroke.

2. Bisa mengurangi peradangan

Manfaat konsumsi minyak ikan bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda sehingga bisa mengurangi risiko peradangan akibat infeksi. Selain itu, minyak ikan mengandung antiinflamasi yang bermanfaat dalam mengatasi stress dan risiko obesitas. Anda yang rajin konsumsi minyak ikan bisa memiliki tubuh yang lebih sehat bebas dari sendi kaku, nyeri sendi dan bebas rematik.

3. Bisa mengatasi masalah gangguan mental

Pada beberapa kasus tertentu, ibu hamil acap mengalami perubahan hormon yang menyebabkan mereka lebih stress. Bahkan ibu yang baru melahirkan bisa saja mengalami depresi atau baby blue syndrome. Penting sekali untuk memberikan asupan makanan yang mengandung omega-3 tinggi untuk mencegah ibu yang baru melahirkan alami gangguan mental. Pasalnya, banyak kasus stress dan depresi yang melanda seseorang karena kadar omega-3 yang terlalu rendah.

4. Bisa meningkatkan kesehatan kulit

Tidak hanya sewaktu hamil saja, kandungan omega-3 pada minyak ikan bisa membantu kesehatan kulit menjadi lebih optimal. Pada kasus orang yang mengalami psoriasis dan dermatitis, sebaiknya mengkonsumsi minyak ikan lebih rutin, ya!

5. Bisa mengurangi gejala asma dan risiko alergi

Ibu hamil bisa mengkonsumsi minyak ikan untuk mengurangi gejala asma dan sesak napas pada bayi yang dilahirkan. Bayi juga bisa memiliki kadar omega-3 yang cukup sehingga tidak mengalami risiko alergi yang umum terjadi pada awal kehidupan.

6. Baik untuk kesehatan si kecil sejak dalam kandungan

Bila ibu hamil rajin mengkonsumsi suplemen minyak ikan, maka ia bisa memberikan manfaat kesehatan bagi janin sejak dalam kandungan. Kandungan omega-3 dan DHA yang tinggi bisa membuat bayi tumbuh dan berkembang lebih sempurna dari segi pertumbuhan mata, jantung, saraf, dan kecerdasan otak.

7. Bisa meningkatkan produksi ASI

Sejak hamil hingga menyusui, minyak ikan aman dikonsumsi dalam batasan wajar guna meningkatkan produksi ASI. Kandungan omega-3 juga bisa meningkatkan kepadatan mineral pada tulang sehingga bayi dan ibu bisa lebih sehat.

Yuk, segera beli produk minyak ikan yang kaya omega-3 dan DHA untuk perkembangan janin dan meningkatkan kesehatan Anda sendiri! Minyak ikan yang berkualitas bebas dari bau amis dan telah terdaftar di BPOM RI sehingga aman dikonsumsi ibu hamil sesuai prosedur kesehatan yang berlaku. Deretan manfaat minyak ikan untuk ibu hamil bisa menjadi referensi Anda yang tengah merencanakan kehamilan, ya!

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *