Home Kecantikan Kenali 4 Jenis Kulit ini dan Gunakan Pelembab Sesuai Jenis Kulit Anda

Kenali 4 Jenis Kulit ini dan Gunakan Pelembab Sesuai Jenis Kulit Anda

by admin
Kenali-4-Jenis-Kulit-ini-dan-Gunakan-Pelembab-Sesuai-Jenis-Kulit-Anda

Pelembab menjadi andalan banyak orang untuk menjaga kelembaban kulit wajah. Salah satu pelembab yang direkomendasikan adalah Pigeon moisturizer. Pelembab ini cocok digunakan pada kulit wajah remaja karena memiliki bahan alami seperti ekstra jojoba dan chamomile. Kandungan bahan-bahan alami dapat membuat wajah menjadi lebih lembab, sejuk, serta bisa melindungi dari kulit kering dan iritasi.

Dalam dunia skincare, moisturizer atau pelembab menjadi hal wajib dalam untuk menjaga kondisi kulit wajah. Fungsinya adalah menjaga kulit tetap terhidrasi sehingga tidak terlalu kering. Sebelum memutuskan membeli produk pelembab bagi kulit wajah, sebaiknya Anda mengenali jenis wajah terlebih dahulu. Dengan memahami jenis kulit wajah akan membuat pilihan produk Anda lebih tepat dan dapat bekerja optimal.

Memilih moisturizer sesuai jenis kulit

Syarat dalam memilih produk skincare, khususnya pelembab atau moisturizer adalah memahami jenis kulit wajah. Anda bisa melakukan tes mudah untuk mengenali jenis kulit wajah Anda. Siapkan kertas penyerap minyak atau tisu di zona T wajah. Diamkan beberapa saat dan lihat seberapa banyak minyak yang dihasilkan wajah dan diserap oleh benda-benda tersebut. Berikut 4 jenis kulit wajah dan cara memilih moisturizer sesuai jenis kulit tersebut:

1. Pelembab kulit wajah normal

Jenis kulit wajah yang pertama adalah kulit normal. Yang berarti kondisi kulit wajah tidak kering atau berminyak. Kulit ini tidak menghasilkan minyak berlebih namun juga tidak terlalu kering saat tes jenis kulit dilakukan.

Bagi Anda yang memiliki kulit normal sebaiknya bersyukur karena berpotensi lebih mudah perawatannya daripada jenis kulit lain. Saran pelembab jenis kulit normal adalah dengan bahan dasar air karena ringan dan tidak mengandung minyak, misalnya bahan dimethicone.

2. Pelembab kulit wajah kering

Kulit wajah kering membutuhkan pelembab dengan kandungan yang lebih “berat” untuk mengembalikan kelembaban kulit. Jenis pelembab yang sesuai ialah pelembab berbahan dasar minyak. Seperti minyak esensial, gliserin, asam hialuronat, petrolatum dan sebagainya. Bahan-bahan tersebut cocok digunakan bagi kulit kering karena mencegah penguapan air berlebih dan tahan lama di kulit. Anda dapat mencoba Pigeon moisturizer apabila masih bingung memilih pelembab untuk kulit kering.

3. Pelembab kulit berminyak

Masalah yang sering dihadapi pemilik kulit berminyak adalah munculnya jerawat. Sesuai namanya, jenis kulit ini memproduksi minyak lebih banyak daripada tipe kulit lain. Anggapan bahwa kulit berminyak tidak butuh pelembab sering beredar di masyarakat. Hal itu jelas salah karena semua jenis kulit membutuhkan pelembab.

Lantas, bagaimana jenis pelembab yang pas untuk kulit berminyak? Pelembab berbahan dasar air atau gel dan bersifat non komedogenik adalah jawabannya. Selain itu, tambahan kandungan AHA dalam pelembab juga baik digunakan bagi kulit berminyak. Larangan bagi jenis kulit ini adalah kandungan vitamin E, lanolin dan minyak mineral.

4. Pelembab kulit kombinasi

Definisi kulit kombinasi adalah memiliki jenis kulit berbeda di beberapa bagian wajah. Daerah T zone (dahi, hidung dan dagu) berminyak sedangkan bagian pipi kering. Pelembab yang cocok adalah dengan kandungan berbahan dasar air dan oil free bertekstur gel. Untuk hasil lebih baik cari kandungan salisilat dan silika pada pelembab.

Segera kenali jenis kulit wajah Anda agar dapat membeli kebutuhan moisturizer atau pelembab yang cocok. Bagi pemula, Anda dapat mencoba Pigeon moisturizer karena mudah ditemukan dan harga terjangkau. Ingat selalu bahwa pelembab adalah salah satu kunci penting untuk merawat kesehatan wajah Anda.

You may also like

Leave a Comment

Situs web ini menggunakan cookie untuk memastikan Anda mendapatkan pengalaman terbaik di situs web kami :  Accept Read More

Privacy & Cookies Policy