Home Kesehatan Jangan Senang Bila Payudara Membesar Mungkin Itu Adalah Gejala Kanker

Jangan Senang Bila Payudara Membesar Mungkin Itu Adalah Gejala Kanker

by restu agung

Kanker payudara merupakan salah satu pembunuh wanita paling tinggi di dunia–termasuk dunia. Apabila dikenal semenjak stadium permulaan, kanker ini dapat disembuhkan, pun tanpa seharusnya mengangkat payudara wanita penderitanya.

Sayangnya, banyak pasien kanker payudara baru mengenal mereka menderita kanker payudara pada stadium lanjut. Untuk mencegah hal ini, penting bagi tiap wanita untuk rutin menjalankan pengecekan (seperti SADARI), dana mengenal hal-hal apa yang yaitu gejala kanker payudara.

Walau banyak wanita mengenal kanker payudara mereka dari benjolan yang sebelumnya tak ada, hal ini bukanlah satu-satunya gejala kanker payudara. Malahan, riset yang dipresentasikan di National Cancer Research Institute di Inggris pada 2016 mengungkapkan, satu dari enam wanita yang didiagnosis kanker payudara melaporkan suatu simtom yang bukan benjolan.

Berikut sebagian simtom kanker payudara kecuali benjolan yang seharusnya diwaspadai:

1. Seperti kulit jeruk

Munculnya zona kasar yang terasa seperti kulit jeruk atau lebih tebal dari lazimnya, atau munculnya cekungan di kulit dapat jadi pedoman kanker payudara, ujar Weber.

Pada sebagian kanker payudara, saluran dari dalam payudara ke kulit jadi ter-blok, yang memunculkan perubahan pada kulit. Hal ini membikin payudara jadi seperti dilingkupi kulit jeruk.

2. Membengkak

Kadang benjolan dapat berada di bawah permukaan payudara, sehingga tak dapat dinikmati. Hal ini dapat memunculkan perubahan pada wujud dan ukuran payudara, pun memunculkan rasa nyeri. Benjolan ini dapat membikin ukuran payudara membesar.

3. Perubahan puting

Sebagian kanker payudara akan menyebabkan apa yang dinamakan inversi puting, atau retraksi, yang akan membikin puting jadi masuk ke dalam. Lazimnya, ini sebab ada massa yang tumbuh di dalam payudara sehingga merubah formatnya, Weber menerangkan.

4. Cairan puting

Salah satu keabnormalan puting yang lain merupakan keluarnya cairan yang bukan susu. Cairan dari puting, pada kebanyakan kasus bukanlah disebabkan oleh kanker. Melainkan penting untuk lantas menemui dokter jikalau cairan ini keluar tanpa ada sentuhan atau tekanan pada puting. Secara jikalau cairannya mengandung darah dan cuma memberi pengaruh sebelah payudara saja.

You may also like

Leave a Comment

Situs web ini menggunakan cookie untuk memastikan Anda mendapatkan pengalaman terbaik di situs web kami :  Accept Read More

Privacy & Cookies Policy