Home Otomotif Jangan Asal Dinyalakan, Ketahui Aturan Menggunakan Lampu Dim

Jangan Asal Dinyalakan, Ketahui Aturan Menggunakan Lampu Dim

by admin
Jangan-Asal-Dinyalakan-Ketahui-Aturan-Menggunakan-Lampu-Dim

Kurangnya pengetahuan pengemudi akan aturan berkendara, menjadi salah satu pemicu terjadinya kecelakaan. Salah satu aturan yang tak terlalu dihiraukan adalah aturan menggunakan lampu dim atau lampu jauh. Padahal, kalau sembarangan digunakan, lampu ini bisa membuat silau pandangan pengendara lain, sehingga kecelakaan pun berisiko terjadi.

Hindari Kecelakaan dengan Menggunakan Lampu Jauh di Saat yang Tepat

Pada kendaraan bermotor, setiap lampu memiliki fungsinya tersendiri. Salah satu lampu yang kerap disalahgunakan fungsinya adalah lampu jauh. Lampu ini seharusnya hanya digunakan saat kondisi jalan gelap, karena kurangnya pencahayaan di malam hari. Agar nanti tak membahayakan diri sendiri dan pengendara lain, pahami dengan baik aturan penggunaan lampu tersebut.

1. Hanya Hidupkan Lampu Jauh di Jalan yang Minim Pencahayaan

Cahaya lampu jauh yang cenderung lebih tajam dibanding lampu kendaraan lainnya, dimaksudkan agar bisa memberikan penerangan lebih di jalan yang minim pencahayaan. Jika Anda melintasi jalanan di malam hari yang tak disertai lampu penerangan di sisi jalan, maka jangan lupa untuk menghidupkan lampu jauh tersebut. Alhasil, jarak pandang pun bisa bertambah.

2. Jangan Hidupkan Lampu Jauh Saat Akan Menyalip Kendaraan Lain

Banyak orang mengira, mengaktifkan lampu jauh merupakan pertanda bagi pengendara lain untuk memberikan celah jalan. Jadi, pengendara yang ingin menyalip, umumnya pasti menghidupkan lampu jauh kendaraannya dalam waktu lama. Padahal, hal ini dapat menyilaukan mata pengendara di yang akan disalip kendaraannya. Konsentrasi pun berisiko hilang dan kecelakaan bisa terjadi.

3. Jangan Hidupkan Lampu Jauh di Tengah Keramaian

Saat Anda berada di tengah kendaraan yang ramai, walaupun itu di malam hari, jangan sesekali hidupkan lampu jauh kendaraan Anda. Penggunaan lampu jauh di situasi ini, akan membuat silau mata pengendara lainnya. Selain membuat tak nyaman, kondisi ini pun bisa memicu kecelakaan.

4. Matikan Lampu Jauh Saat Kendaraan Lain Mendekat

Lampu jauh memang dianjurkan untuk digunakan kala melewati jalan yang minim pencahayaan. Namun, Anda harus ingat untuk langsung mematikannya, kala ada kendaraan lain yang datang dari arah berlawanan. Dengan begini, cahaya dari lampu jauh tak akan menyilaukan mata pengendara tersebut.

Itulah tadi 4 aturan yang harus Anda pedomani saat memakai lampu jauh atau lampu dim. Jangan gunakan lampu jauh ini sembarangan, karena bisa membahayakan nyawa pengendara lain, bahkan nyawa Anda sendiri.

You may also like

Leave a Comment

Situs web ini menggunakan cookie untuk memastikan Anda mendapatkan pengalaman terbaik di situs web kami :  Accept Read More

Privacy & Cookies Policy