Home Kesehatan Ini Dia 10 Gejala Awal Virus Corona yang Tidak Boleh Disepelekan

Ini Dia 10 Gejala Awal Virus Corona yang Tidak Boleh Disepelekan

by admin
Ini-Dia-10-Gejala-Awal-Virus-Corona-yang-Tidak-Boleh-Disepelekan

Tahun ini dunia sedang digegerkan dengan adanya virus corona yang sampai saat ini telah menginfeksi beberapa penduduk di 202 negara di dunia. Indonesia adalah salah satu negara yang terkena dampak dari penyebaran virus tersebut. Sampai dengan saat ini jumlah pasien yang meninggal akibat virus tersebut sudah mencapai 122 jiwa. Gejala awal virus corona ditandai dengan beberapa gejala saat terserang flu seperti demam, batuk, sakit tenggorokan sampai sesak nafas apabila sudah mulai parah.

Coronavirus adalah sejenis kumpulan virus yang bisa membuat infeksi saluran pernapasan. Severe acute respitory syndrome corona virus 2 (SARS – CoV-2) atau yang lebih dikenal dengan virus corona adalah virus baru yang dapat menular ke manusia. Tidak hanya orang dewasa saja, tetapi virus ini bisa menyerang anak-anak, lansia sampai dengan bayi dan ibu hamil atau ibu menyusui. Virus ini pertama kali ditemukan di Kota Wuhan di Cina pada Desember 2019 tahun lalu. Dan kemudian menyebar dengan sangat cepat di beberapa negara di seluruh dunia.

Tidak hanya demam, sakit tenggorokan dan demam tinggi saja, akan tetapi gejala virus ini menurut beberapa pakar kesehatan dijelaskan bahwa virus ini mampu membuat indera penciuman dan indera perasa tidak berfungsi dengan baik. Beberapa pusat penelitian kesehatan menjelaskan bahwa gejala Covid-19 ini akan muncul pada 2 hari sampai dengan 2 minggu setelah seseorang terpapar virus tersebut. Di bawah ini adalah gejala virus corona dari hari ke hari yang wajib diketahui:

  1. Hari ke 1: Munculnya gejala untuk pertama kali. Biasanya orang yang telah terinfeksi oleh virus corona akan memiliki gejala seperti demam yang sangat tinggi, kelelahan , nyeri pada otot, batuk kering, sakit tenggorokan. Dan bahkan tidak sedikit orang yang mengalami diare setelah terinfeksi oleh virus tersebut. Tidak hanya itu saja, seseorang yang sudah terinfeksi virus ini biasanya juga akan mengalami mual yang terjadi pada hari sebelumnya.
  2. Hari ke 5: Gejala hari ke 5 apabila seseorang telah terinfeksi virus tersebut adalah ditandai dengan pasien yang akan mengalami kesulitan untuk bernafas. Akan tetapi perlu diketahui bahwa kondisi sesak nafas ini akan semakin parah dan menyerang apabila pasien yang menderita penyakit Covid -19 ini adalah sudah berusia lanjut dan memiliki riwayat penyakit yang cukup serius seperti gula darah tinggi, jantung sampai dengan hipertensi.
  3. Hari ke 7 dan 8: Pada hari ke 7 pasien akan dirawat di rumah sakit. Dan pada hari ke 8 pasien yang akan mengalami penyakit tersebut akan mengalami gejala seperti gangguan pernapasan akut (ARDS). Sebagai informasi bahwa ARDS adalah penyakit yang disebabkan oleh adanya cairan yang menutupi paru-paru dan bila tidak segera mendapatkan pertolongan maka akan terjadi hal yang sangat fatal yakni kematian.

Gejala awal virus corona hampir mirip dengan pneumonia. Akan tetapi sebenarnya keduanya memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Karena proses penyebarannya yang sangat cepat dan mudah menular, maka sangat dianjurkan untuk selalu menjaga kebersihan dengan mencuci tangan setiap kali habis bepergian dari luar atau melakukan kegiatan. Tidak hanya itu saja, menurut berbagai pakar kesehatan juga menjelaskan untuk menghindari penyebaran virus tersebut bisa dilakukan dengan melakukan social distancing atau jaga jarak dengan orang lain. Hal ini dipercaya cukup efektif untuk mencegah penyebaran virus Covid – 19.

You may also like

Leave a Comment

Situs web ini menggunakan cookie untuk memastikan Anda mendapatkan pengalaman terbaik di situs web kami :  Accept Read More

Privacy & Cookies Policy