Home Bisnis Efek Negatif Jika Kamu Memiliki Kartu Kredit

Efek Negatif Jika Kamu Memiliki Kartu Kredit

by restu agung

Dalam tiap hal senantiasa ada sisi positif dan negatifnya, demikian itu pula dengan kartu kredit. Sedangkan mempunyai kartu kredit nampak menguntungkan, melainkan ada juga imbas negatif dari produk perbankan ini. Karenanya itu, kita mesti bersikap ekstra hati-hati saat kita berurusan dengannya. Telah banyak kisah seputar alangkah besarnya imbas negatif yang dimunculkan dari pengaplikasiannya. Mulai dari hal yang nampak remeh sampai yang membahayakan.

Agar kita dapat hati-hati dengan kartu plastik ini, kita mesti mengenal sesungguhnya apa saja imbas negatif dari kartu kredit. Inilah 4 imbas negatif kartu kredit mulai dari yang remeh sampai yang membahayakan.

1. Kartu Kredit membikin kita tak sadar kecakapan diri

Seluruh kemudahan dalam bertransaksi dengan kartu kredit membikin kita seringkali lupa batas keuangan kita. Dengan gampang kita menggesekkan kartu plastik itu tanpa memikirkan berapa banyak uang yang masih kita miliki. Semestinya ini akan membikin utang kita tertumpuk terus menerus hingga jadi besar dan akibatnya susah atau malahan tak cakap terbayar.

2. Kartu kredit membikin kita jadi kian konsumtif

Sifat konsumtif kian bertambah saat kita mempunyai kartu kredit. Dengan mempunyai kartu kredit, kita seringkali tanpa sadar membeli barang atau jasa yang sesungguhnya tak kita butuhkan atau inginkan. Membikin kita merasa kita cakap membeli apa saja, walaupun utang mulai melilit. Jangan hingga terjebak ya, pikir dan hitung dahulu uang kita sebelum gesek.

3. Kartu kredit membikin kita kian gemuk

Saat kita memakai uang tunai untuk membeli makanan, kita akan memilih makanan yang cocok dengan situasi uang kita. Tetapi, saat kita menerapkan kartu kredit, kita cenderung membeli makanan yang lebih mahal, lebih sedap, melainkan lebih tak sehat. Semestinya ini terjadi sebab kita tak memperhatikan situasi keuangan kita sesungguhnya, dan kebanyakan makanan yang sedap itu tak menyehatkan.

4. Kartu kredit membikin kita menjadi boros

Kartu kredit memberikan berjenis-jenis promo menarik, salah satunya ialah dengan sistem pengumpulan nilai rewards yang dapat didapatkan kalau kita menjalankan transaksi. Hadiah yang dapat didapat dengan nilai rewards itu amat menarik. Sebab alasan itu, seringkali kita rela menjalankan transaksi yang sesungguhnya tak perlu cuma supaya mendapatkan nilai tambahan.

5. Kartu Kredit merusak nama bagus kita

Semestinya ini akan terjadi kalau kita mempunyai tunggakan tagihan kartu kredit. Dengan adanya tunggakan, bank akan menjalankan semua sistem supaya kita membayarkan tagihan hal yang demikian, termasuk dengan mendatangkan debt collector. Lewat debt collector, bank akan menjalankan apa saja agar bank tak diragukan, mulai dari meneror ke rumah, sampai penyitaan barang-barang berharga sampai aset pribadi. Ingat ya, jangan hingga lupa bayar tagihan!

6. Kartu kredit membikin kita gampang dikelabui

Belanja online ialah hal yang nge-isu terhangat kini, sebab gampang dan dapat dilaksanakan dimana saja, kapan saja. Metode belanja online dapat dilaksanakan dengan kartu kredit, merupakan dengan memasukkan nomor kartu kredit kita dan barang bisa dibayarkan. Kemudahan ini bisa berimbas negatif saat kita memberikan nomor rekening kita pada orang yang tak bagus, sebab dengan nomor hal yang demikian, orang lain juga dapat menjalankan transasksi tanpa sepengetahuan kita. Jadi, hati-hati saat memberikan kabar kartu kredit kita terhadap orang atau web belanja online ya.

7. Kartu kredit bisa membunuh kita

Sifat kita yang kian konsumtif dan tak sadar akan kecakapan keuangan kita akan membikin kita kian banyak berhutang. Lalu sebab hutang itu terlalu besar, kita tak cakap untuk membayarkannya. Teror dari debt collector mulai berdatangan dan nama bagus keluarga tercoreng. Bank melewati debt collector mulai menyita barang sampai aset kita dan akibatnya kita tak punya apa-apa. Semestinya ini bisa berujung pada kematian loh! Jangan hingga hal ini kejadian ya, kita mesti senantiasa ingat tiap permasalahan pasti ada jalan keluarnya.

Berani Hutang? Setelah Siap Membayar

mengenal imbas negatif yang mungkin terjadi kalau kita mempunyai kartu kredit, kita mesti lebih waspada dan berhati-hati saat menjalankan transaksi. Kartu kredit akan mempermudah dan menolong hidup kita kalau kita dapat bersikap bijaksana dan disiplin dalam membayar tagihan. Itulah kunci supaya kita dapat menghindari imbas negatif di atas. Ingat senantiasa, kalau berani berhutang, mesti siap membayar!

You may also like

Leave a Comment

Situs web ini menggunakan cookie untuk memastikan Anda mendapatkan pengalaman terbaik di situs web kami :  Accept Read More

Privacy & Cookies Policy