Home Kesehatan Cara Penggunaan Mouthwash yang Benar untuk Hasil Maksimal

Cara Penggunaan Mouthwash yang Benar untuk Hasil Maksimal

by admin
Cara-Penggunaan-Mouthwash-yang-Benar-untuk-Hasil-Maksimal

Bau mulut adalah keluhan yang umum terjadi dan sangat mengganggu penampilan. Selain disebabkan oleh bakteri, sisa makanan disela-sela gigi, dan permukaan lidah, masalah bau mulut juga timbul ketika seseorang berpuasa.

Sebuah tinjauan terhadap berbagai penelitian menyatakan bahwa obat kumur atau mouthwash mampu mengatasi bau mulut. Kandungan zinc dan chlorine dioxide didalamnya mampu menetralkan bau mulut, sementara kandungan antibakteri chlorhexidine atau cetypyridinium membantu mengurangi jumlah bakteri penyebab bau mulut. Berikut ini adalah manfaat lain yang dimiliki oleh produk mouthwash.

  • Membantu mencegah munculnya plak pada gigi
  • Mouthwash yang mengandung fluoride berperan mengurangi risiko gigi berlubang akibat bakteri dan zat asam, serta membuat gigi lebih kuat.
  • Obat kumur tertentu digunakan pascaoperasi atau setelah mencabut gigi
  • Obat kumur tertentu diresepkan untuk menangani penyakit mulut akibat terapi radiasi atau kemoterapi.

Meski obat kumur ini menawarkan banyak manfaat, namun hanya beberapa jenis saja yang dijual secara bebas dipasaran. Untuk mengatasi gangguan tertentu seperti gigi dan gusi, sebaiknya mintalah resep dari dokter. Ingat, produk mouthwash ini bukan pengganti dari sikat dan pasta gigi. Jadi, gunakan obat kumur usai sesuai aturan yang tertera pada kemasan produk.

Berikut adalah aturan pakai obat kumur yang benar untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

  • Pastikan produk obat kumur yang Anda pilih, baik obat kumur bau mulut atau obat kumur anti inflamasi, telah terdaftar pada Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).
  • Biasanya, obat kumur digunakan satu kali sehari sebelum tidur atau setelah menggosok gigi atau sesuai petunjuk dari dokter. Namun, untuk mendapatkan efek terbaik, gunakan mouthwash pada waktu yang sama.
  • Biasanya, tersedia gelas takar berukuran kurang lebih 10 mm atau setara 2 sendok teh penuh untuk pemakaian obat kumur sekali pakai. Ingat, hindari penggunaan takaran lebih dari yang direkomendasikan dokter.
  • Gunakan mouthwash untuk berkumur selama kurang lebih satu menit. Kemudian, keluarkanlah dari mulut. Sesuai namanya yaitu obat kumur, jangan sekali-kali menelannya kecuali atas rekomendasi dokter. Jadi, pastikan untuk mendampingi anak-anak ketika menggunakan mouthwash.
  • Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, sebaiknya hindari mengonsumsi apapun atau berkumur dengan cairan lain selama 30 menit setelah menggunakan produk mouthwash.
  • Berkumurlah setelah menggosok gigi dan sebelum menggunakan mouthwash karena kandungan tertentu dalam pasta gigi dapat menghambat kerja zat chlorhexidine yang terkandung pada obat kumur.

Umumnya, tidak ada efek samping obat kumur yang berarti dan hanya bersifat sementara, seperti sensasi mulut kering atau perubahan rasa. Bagi sebagian orang yang sensitif atau alergi bahan-bahan tertentu dalam obat kumur, mungkin akan mengalami luka, kemerahan, atau nyeri pada mulut. Segera periksa ke dokter jika muncul noda pada gigi atau lidah setelah penggunaan.

Sekarang, yuk kita cari tahu produk mouthwash terbaik apa saja yang direkomendasikan.

Total Care Lemon Herbs

Mouthwash Total Care varian lemon herbs ini menawarkan rasa yang unik dan formula dari bahan herbal. Obat kumur ini termasuk mouthwash yang mengandung fluoride sehingga mampu mengembalikan mineral gigi yang hilang karena bakteri dan gula. Tersedia kemasan 100ml yang bisa Anda bawa kemana saja saat membutuhkan aroma nafas segar.

Listerine Multi Protect Zero Antiseptic

Ada lagi produk mouthwash dari listerine yang menawarkan berbagai manfaat, seperti membunuh kuman, mencegah plak, memberikan kesegaran, menguatkan gigi, dan mencegah gigi berlubang. Harga jual obat kumur listerine 500ml berkisar Rp36.500 di JD ID.

Yuk, dapatkan produk mouthwash berkualitas untuk kesehatan mulut dan gigi Anda hanya di JD ID.

You may also like

Leave a Comment

Situs web ini menggunakan cookie untuk memastikan Anda mendapatkan pengalaman terbaik di situs web kami :  Accept Read More

Privacy & Cookies Policy