Apa Saja Istilah dalam Jaringan Wireless? Pengguna Harus Tahu!

Apa-Saja-Istilah-dalam-Jaringan-Wireless-Pengguna-Harus-Tahu
Foto dari Canva

Semenjak pandemi, banyak kebiasaan beraktivitas sehari-hari yang berubah. Satu hal yang majemuk adalah peralihan kegiatan tatap muka menjadi daring atau online. Alhasil, banyak orang yang kemudian mencari provider internet rumah terbaik untuk mendukung aktivitas sehari-hari mereka. Sebelum Anda mencari penyedia layanan internet terbaik tersebut, ada baiknya Anda juga mengetahui istilah dalam jaringan wireless yang mungkin akan sering didengar terlebih dahulu.

Apa Itu Jaringan Wireless?

Wireless atau nirkabel merupakan istilah yang merujuk pada cara mendapatkan koneksi internet tanpa menggunakan kabel. Saat ini, ada banyak istilah terkait koneksi wireless yang mungkin cukup familiar dan sering Anda dengar. Berikut adalah beberapa contohnya:

1. WiFi

WiFi merupakan kependekan dari Wireless Fidelity dan mungkin jadi istilah dalam jaringan wireless yang paling populer saat ini. Secara fungsi, WiFi merupakan perangkat yang akan menyediakan akses internet secara wireless.

Hal yang banyak orang tidak tahu adalah WiFi merupakan merek dagang untuk semua produk dengan spesifikasi 802.11 atau IEEE 802.11

2. Access Point

Jika perangkat WiFi terlalu umum, maka secara spesifik peralatan yang banyak digunakan adalah access point. Alat ini sendiri merupakan hub yang nantinya bertugas dan mengoneksikan banyak perangkat WiFi.

Nantinya, perangkat ini akan menjadi alat yang mentransmisikan akses internet. Access point sendiri sebenarnya bisa menghubungkan tiap perangkat baik secara wireless maupun menggunakan wired LAN.

3. SSID

Istilah dalam jaringan internet nirkabel lainnya adalah SSID. Secara sederhana, SSID bisa dibilang sebagai nama untuk setiap WiFi. Tujuan penggunaanya sendiri adalah untuk memudahkan identifikasi tiap akses tersebut.

SSID merupakan kependekan dari Service Set Identifier. Sebagian orang menyebut istilah ini sebagai Domain ID ataupun Network ID.

4. WPA dan WEP

Ketika menggunakan layanan wireless, Anda mungkin akan sering mendengar dua istilah ini. WPA dan WEP merupakan istilah dalam jaringan wireless yang merujuk pada sistem keamanan yang ada pada jaringan tersebut.

WEP atau Wired Equivalent Privacy merupakan tipe keamanan standar untuk tiap perangkat WiFi. Sementara WPA atau WiFi Protected Access merupakan tipe keamanan yang jauh lebih aman dari WEP.

Saat ini, sistem keamanan yang banyak digunakan adalah WPA2. Keunggulan dari sistem keamanan yang satu ini adalah penggunaan algoritma enkripsi dan juga sistem otentikasi.

5. Hotspot

Ini juga merupakan contoh istilah wireless yang akan sering Anda dengar. Pada dasarnya, istilah hotspot merujuk pada tempat yang menyediakan akses internet secara wireless atau menggunakan peralatan WiFi.

Saat ini, hotspot sendiri menjadi identik dengan layanan WiFi yang bisa banyak orang gunakan. Beberapa hotspot ini bisa Anda gunakan secara gratis, namun ada beberapa juga yang perlu membayar.

Berkat penggunaan internet yang semakin masif, tentu akan ada banyak orang yang membutuhkan akses internet di mana pun. Jika menggunakan kabel, cakupan koneksinya akan terbatas oleh tempat. Makanya, solusi terbaiknya adalah dengan menggunakan akses wireless.

Itulah dia beberapa istilah dalam jaringan wireless yang perlu Anda ketahui. Semoga bermanfaat, ya!

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *